Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

Tabel konvesional dan modifikasi model pembelajaran Learning Cycle 5E

Learning Cycle
5E
Konvensional
Modifikasi
Aktivitas
Keterampilan 4C
Aktivitas
Keterampilan 4C
Engagement
·     Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
·     Guru melakukan demonstrasi  mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
Communication dan Collaborative

Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa

Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
Exploration
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya
Communication, Collaborative dan Creativity
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkink terjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data

Creativity
Siswa dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi amplitude gelombang

Explanation
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
Communication
Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadi ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi online
Elaboration
Siswa mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada tetesan air
Communication
dan Critical Thinking


Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
Critical Thinking
Siswa menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang transversal

Communication
Siswa membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine

Evaluation
Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test

Critical thinking
Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru


pertanyaan :

1.      Jelaskan apa itu pengertian model  pembelajaran Cycle Learning 5E.

2.      Jelaskan tahap-tahap model pembelajaran Cycle Learning 5E.

3.      Sebutkan apa saja kelebihan model pembelajaran Cycle Learning 5E.

4.      Sebutkan apa saja kekurangan model pembelajaran Cycle Learning 5E.

5.      Sebutkan tujuan pembelajaran menggunakan model Cycle Learning 5E.

6.      Jelaskan bagaimana aktivitas pembelajaran dalam diskusi online menggunakan model pembelajaran Cycle Learning 5E.

7.      Apakah ada perbedaan secara signifikan dalam tabel model pembelajaran Cycle Learning 5E (konvesional) dengan model pembelajaran Cycle Learning 5E (modifikasi).






Komentar

  1. 1. Model pembelajaran yang terdiri dari tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban ini kurang jelas, mungkin bisa d tambahkan berdasarkan menurut ahli atau bisa d cantumkan sumbernya.

      Hapus
    2. Jawaban yang saya tambahkan merupakan hasil pemikiran sendiri yang saya baca dari google

      Hapus
    3. Baik, kdepannya bisa menulis komentar lebih jelas lagi😀

      Hapus
    4. Menurut Lorsbach (2006), learning cycle adalah sebuah model pembelajaran dalam ilmu pendidikan yang konsisten dengan teori-teori kontemporer tentang bagaimana individu belajar. Model pembelajaran learning cycle pertama kali diperkenalkan oleh Robert Karplus dalam Science Curriculum Improvement Study atau SCIS (Trowbridge & Bylee dalam Wena, 2009).

      Hapus
  2. 1. Model pembelajaran yang terdiri dari tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif
    5. - Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
    - Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
    - Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
    - Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
    - Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online

    BalasHapus
  3. 3. Kelebihan siswa
    • Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pembelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya
    • Memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan
    • Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen
    • Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari
    • Memberi kesempatan kepada siswa untuk berifikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari

    BalasHapus

  4. Aktivitas diskusi online dalam pembelajaran siklus 5E adalah guru sebagai stimulator untuk merangsang siswa lebih aktif untuk menggunakan media2 teknologi ketika proses pembelajaran,dan siswa menjadi lebih kreatif dalam menggunakan media2 yg membantu prose mereka dalam pembelajarannya,contoh media2 teknogi

    BalasHapus
  5. nmor 1
    Learning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).

    BalasHapus
  6. Menurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:1.Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.

    2.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.

    3.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.

    4.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.

    5.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.

    BalasHapus
  7. Siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered)

    BalasHapus
  8. 1. Merupakan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa
    2. Engagment, exploration, explanation, elaboration, evaluation
    3. Kelebihan: meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mengembangkan sikap berfikir siswa, pembelajaran jadi lebih bermakna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah menjawab diblog saya.
      Saya ingin meminta untuk saudari delvi melengkapi jawabannya untuk no 1 dan no 2 saya ingin lebih jelas lagi karna dalam soal no 2 saya meminta untk di jelas kan dan no 3 jawaban nya sdah bagus tetapi alangkah lebih baik jika jawabannya lebih jelas dan di tambahkan berdasar sumber atau menurut siapa.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. kelebihan pada penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E yaitu:
    1. memberikan kebebasan pada siswa untuk berkomunikasi
    2. memberikan keleluasan kepada siswa untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan aplikasi, atau yang lainnya
    3. memeberikan peluang kepada siswa untuk berfikir keritis terhadap permasalahan tersebu dengan menggunakan sebuah aplikasi

    BalasHapus
  11. Memurut saya tahap learning cycle 5E.
    - engagement
    - exploration
    - explanation
    - elaboration
    - evaluation

    BalasHapus
  12. Learning cycle atau siklus belajar  adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).

    BalasHapus
  13. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
    Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
    Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya

    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.

    BalasHapus
  14. Baca lagi referensi terkait model pembelajaran tersebut lalu evaluasi apa yg perlu diperbaiki

    BalasHapus
  15. 4. Kekurangan siklus belajar 5E sebagai berikut :
    1. Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan
    langkah-langkah pembelajaran.
    2. Menuntut kesungguhan dan kreatifitas guru dalam merancang dan
    melaksankan proses pembelajaran.
    3. Memerlukan pengelolahan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi

    BalasHapus
  16. Siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered)

    BalasHapus
  17. kelebihan pada penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E yaitu salah satunya memberikan kebebasan pada siswa untuk berkomunikasi

    BalasHapus
  18. Memurut saya tahap learning cycle 5E.
    - engagement
    - exploration
    - explanation
    - elaboration
    - evaluation

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sebelum nya telah menjawab blog saya, untuk jawabannya ini kurang lengkap mungkin bisa d tambahkan lagi dan di cantumkan menurut siapa dan setelah itu baru di kemukakan pendapat kk estetika

      Hapus
  19. Learning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).

    BalasHapus
  20. Model pembelajaran Circle Learning 5E adalah model pembelajaran yang terdiri dari tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif

    BalasHapus
  21. Siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered)

    BalasHapus
  22. saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 2.
    menurut saya
    Langkah-Langkah (Fase-Fase) Model Pembelajaran 5E
    Menurut Bybee (2006), fase-fase dalam model siklus belajar 5E
    ada
    1. Engagement (mengajak)
    2. Exploration (menyelidiki)
    3. Exlaination (menjelaskan)
    4. Elaboration/Extention (memperluas),
    5. Evaluation (evaluasi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini jawabanya sdah bagus, tetapi ini masih lengkap dan jelas. Mungkin bisa lebih jelas dan lengkap lagi

      Hapus
  23. Halo Novita, saya akan menjawab pertanyaan nomor 5,
    tujuan pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E yakni disamping untuk mencapai target pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru, model tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

    BalasHapus
  24. Model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik, mengembangkan kreatifitas dan sikap-sikap ilmiah untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    BalasHapus
  25. Model pembelajaran yang terdiri dari tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer