RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN MODIFIKASI
Modifikasi secara umum dapat diartikan sebagai hampir segala tindakan yang bertujuan mengubah perilaku. Menurut Bootzin, 1975. Modifikasi perilaku adalah usaha untuk menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip-prinsip psikologis hasil eksperimen lain pada perilaku manusia. Powers & Osborn (1976) memberi batasan modifikasi perilaku sebagai penggunaan secara sistematis teknik kondisioning pada manusia untuk menghasilkan perubahan frekuensi perilaku social tertentu atau tindakan mengontrol lingkungan perilaku tersebut. Eyenk dalam Soetarlinah Soetadji (1983) menyatakan bahwa modifikasi perilaku adalah usaha mengubah perilaku dan emosi manusia dengan cara yang menguntungkan berdasarkan hukum-hukum teori modern proses belajar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(DISRUPTED INNOVATION)
Sekolah                                   : SMP/MTs
Kelas                                      : VII Online Science Class
Mata Pelajaran                        : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi                                     : Suhu Dan Perubahannya
Alokasi Waktu                       : 45 Menit
Model Pembelajaran               : Discovery Learning
Metode Pembelajaran             : Chat online, presentasi  online, diskusi online, video call, streaming, search engine.
Sumber Belajar                       : Multimedia interaktif dan internet dan Youtube, dan Buku IPA kelas VII Kemdikbud (Kurikulum 2013 edisi revisi 2017).
Langkah Pembelajaran           :
Langkah – langkah Pembelajaran
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
v  Pendahuluan
v  Guru login ke system lalu menyapa siswa
v  Guru meminta siswa untuk mengunduh dan membuka PPT yang telahdi sediakan oleh gutu
v  Guru meminta siswa untuk mempelajari PPT yang telah di berikan oleh guru


v  Pendahuluan
v  Siswa Login ke system dan menyapa guru kembali
v  Siswa mengunduh dan membuka PPT yang telah di sediakan oleh guru
v  Siswa mempelajari dan memahami materi dalam PPT yang telah di berikan oleh guru
10 menit
v  Kegiatan Inti
v Guru meminta siswa membuka link youtube yang telah di berikan
v Guru meminta siswa menonton dan mengamati video yang ada di youtube
v Guru dan siswa berdiskusi dalam chat online
v Guru meminta siswa mengunduh soal yang sudah di sediakan
v Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan
v Guru meminta siswa mengirimkan hasil belajaranya dan di bahas bersama











v Kegiatan Inti

Ø Siswa membuka link youtube yang telah di berikan oleh guru
Ø Siswa menonton dan mengamati video yanga da di youtube
Ø Siswa berdiskusi bersama guru dalam chat online
Ø Siswa mengunduh soal yang telah di berikan
Ø Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru
Ø Siswa mengirimkan hasil belajarnya untuk di bahas bersama .


30 menit

v  Kegiatan Penutup
v  Guru dan siswa mebuat kesimpulan materi pembelajaran via room chat online maupun secara langsung.
v  Mengucapkan hamdalah.
v  Guru Mengakhiri pembelajaran dengan mengucapakan salam

v  Kegiatan Penutup
v  Siswa bersama Guru membuat kesimpulan materi pembelajaran via room chat online.
v  Mengucap Hamdalah bersamaan
v  Siswa Menjawab salam Guru


5 menit

1.  Teknik Penilaian (terlampir)
a.    Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang Baik
(50)
Tidak Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100).
Jenis Evaluasi :
No
Pernyataan Self Evaluation
1.       
K = Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)

2.       
W = Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)

3.       
H = How (how do i find out? bagaimana saya bisa melakukannya?)

4.       
L = Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai?)

5.       
A = Action (what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan?)

6.       
Q = Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya?)






Dwonload word pada halaman di bawah semoga artikel ini bermanfaat bagi guru dan calon guru dalam mengajar.

Komentar

Postingan Populer