RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN MODIFIKASI
Modifikasi secara
umum dapat diartikan sebagai hampir segala tindakan yang bertujuan mengubah
perilaku. Menurut Bootzin, 1975. Modifikasi perilaku adalah usaha untuk
menerapkan prinsip-prinsip proses belajar maupun prinsip-prinsip psikologis
hasil eksperimen lain pada perilaku manusia. Powers & Osborn (1976) memberi
batasan modifikasi perilaku sebagai penggunaan secara sistematis teknik
kondisioning pada manusia untuk menghasilkan perubahan frekuensi perilaku
social tertentu atau tindakan mengontrol lingkungan perilaku tersebut. Eyenk
dalam Soetarlinah Soetadji (1983) menyatakan bahwa modifikasi perilaku adalah
usaha mengubah perilaku dan emosi manusia dengan cara yang menguntungkan
berdasarkan hukum-hukum teori modern proses belajar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(DISRUPTED INNOVATION)
Sekolah : SMP/MTs
Kelas : VII Online Science Class
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi : Suhu Dan
Perubahannya
Alokasi Waktu : 45 Menit
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Chat online,
presentasi online, diskusi online, video
call, streaming, search engine.
Sumber Belajar : Multimedia interaktif dan internet dan Youtube, dan Buku
IPA kelas VII Kemdikbud (Kurikulum 2013 edisi revisi 2017).
Langkah Pembelajaran :
Langkah – langkah Pembelajaran
|
||
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
v Pendahuluan
v Guru
login ke system lalu menyapa siswa
v Guru
meminta siswa untuk mengunduh dan membuka PPT yang telahdi sediakan oleh gutu
v Guru
meminta siswa untuk mempelajari PPT yang telah di berikan oleh guru
|
v Pendahuluan
v Siswa
Login ke system dan menyapa guru kembali
v Siswa
mengunduh dan membuka PPT yang telah di sediakan oleh guru
v Siswa
mempelajari dan memahami materi dalam PPT yang telah di berikan oleh guru
|
10 menit
|
v Kegiatan Inti
v Guru
meminta siswa membuka link youtube yang telah di berikan
v Guru
meminta siswa menonton dan mengamati video yang ada di youtube
v Guru dan siswa berdiskusi dalam chat
online
v Guru
meminta siswa mengunduh soal yang sudah di sediakan
v Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan
v Guru meminta siswa mengirimkan hasil belajaranya dan di bahas bersama
|
v Kegiatan Inti
Ø Siswa
membuka link youtube yang telah di berikan oleh guru
Ø Siswa
menonton dan mengamati video yanga da di youtube
Ø Siswa
berdiskusi bersama guru dalam chat online
Ø Siswa
mengunduh soal yang telah di berikan
Ø Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru
Ø Siswa mengirimkan hasil belajarnya untuk di bahas bersama .
|
30 menit
|
v Kegiatan Penutup
v Guru
dan siswa mebuat kesimpulan materi pembelajaran via room chat online maupun
secara langsung.
v Mengucapkan hamdalah.
v Guru Mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapakan salam
|
v Kegiatan Penutup
v Siswa
bersama Guru membuat kesimpulan materi pembelajaran via room chat online.
v Mengucap
Hamdalah bersamaan
v Siswa
Menjawab salam Guru
|
5 menit
|
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang Baik
(50)
|
Tidak Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah
skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100).
Jenis Evaluasi :
No
|
Pernyataan
Self Evaluation
|
1.
|
K = Know (what
do i know? / apa yang sudah saya pahami)
|
2.
|
W = Want (what
do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)
|
3.
|
H = How (how
do i find out? bagaimana saya bisa melakukannya?)
|
4.
|
L = Learn
(what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai?)
|
5.
|
A = Action
(what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan?)
|
6.
|
Q = Question
(what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya?)
|
Dwonload word pada halaman di bawah semoga artikel
ini bermanfaat bagi guru dan calon guru dalam mengajar.
Komentar
Posting Komentar